Selasa, 19 Februari 2013

Sejarah Jazz

Jazz adalah gaya musik yang berasal pada awal abad ke-20 di komunitas kulit hitam di Amerika Serikat Selatan. Ini lahir dari campuran tradisi musik Afrika dan Eropa. Silsilah Afrika adalah jelas dalam penggunaannya catatan biru, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi dan catatan berayun. [1] Dari pengembangan awal sampai jazz hari ini juga telah dimasukkan musik dari musik populer Amerika. [2] Sebagai musik telah mengembangkan dan menyebar ke seluruh dunia itu telah menarik pada banyak budaya yang berbeda musik nasional, regional dan lokal sehingga menimbulkan, sejak awal awal abad ke-20 Amerika, dengan gaya khas banyak: jazz New Orleans berasal dari 1910-an awal, big band ayunan, Kansas City jazz dan jazz Gypsy dari 1930-an dan 1940-an, bebop dari pertengahan 1940-an dan di bawah melalui jazz West Coast, cool jazz, avant-garde jazz, Afro-Kuba jazz, jazz modal, free jazz, jazz Latin dalam berbagai bentuk, jazz soul, jazz fusion dan rock jazz, smooth jazz, jazz-funk, jazz punk, acid jazz, jazz etno, rap jazz, jazz cyber, jazz Indo, M-Base, jazz nu, jazz perkotaan dan cara lain untuk bermain musik

Kisah Sukses musisi jazz

Willard Jenkins terus seri pada organisasi akar rumput jazz di Amerika Serikat dengan melihat sebuah kisah sukses yang luar biasa di Burlington Vermont. Jenkins saham di bawah dialog dengan Arnie Malina, yang upaya advokasi jazz bisa berfungsi sebagai teladan bagi organisasi-organisasi jazz lokal. T.G. Ketika datang ke penyajian seni pertunjukan Arnie Malina adalah kekuatan alam. Dia telah memenangkan berbagai penghargaan, termasuk kutipan dari Asosiasi Performing Arts Presenter (APAP) dan Gubernur Penghargaan Seni dari negara bagian Montana. Arnie adalah anggota dewan APAP masa lalu dan anggota dewan saat ini Kinerja Jaringan Nasional. Selain itu Arnie adalah salah satu presenter seni terkemuka diprofilkan di tahun 1990 seni definitif menyajikan buku panduan Dua puluh Satu Suara: Seni Menyajikan Seni Pertunjukan oleh Naomi Rhodes. (DIYers peringatan: mendapatkan buku itu!) Saya merasa senang Arnie pertemuan pertama pada tahun 1991, sebagai co-arsitek dari Wallace-Pembaca Lila mantan Jazz Intisari Nasional Jaringan (NJN) dari organisasi penyelenggara, ketika ia masih bagian dari Jaringan mewakili Presents Helena. (NJN ini juga termasuk peserta terakhir dalam serangkaian percakapan jazz.com John Gilbreath, Marty Ashby, dan Tom Guralnick). Seorang pria yang hangat dan murah hati dengan cekatan dan mata yang tajam untuk pemrograman seni yang tidak biasa, meskipun disiplin multi-presenter Arnie dengan cepat menjadi salah satu pemimpin bahwa jaringan perintis presenter jazz. Sejak itu Ive dilihat dengan bunga yang besar pekerjaan yang sangat baik hes dilakukan di Burlington, VT, di mana hes direktur artistik dan petugas pemrograman kepala Teater Flynn dan mereka Festival Discover Jazz. Pria Heresa yang tahu bagaimana membangun penonton jazz di tempat tidak mungkin! Howsa pria NY seperti Anda angin menyajikan sedemikian havens jazz tidak mungkin sebagai Helena, MT dan Burlington, VT. Saya tumbuh di New York City dan meninggalkan ketika saya masih 21. Aku pergi ke Musik & Seni HS dan saya benar-benar ingat memberikan laporan di kelas bahasa Inggris pada jazz, dan aku ingat mendapatkan bantuan dari seorang senior yang tinggal di lingkungan saya yang adalah seorang pemain saksofon jazz. Seseorang berkata saya harus tahu segalanya tentang jazz, dan aku berkata oh tidak, aku nggak tahu apa-apa [jazz] adalah suatu usaha yang kompleks dan [I] harapan untuk terus belajar. Saya pergi ke City College di New York lalu saya pergi ke Universitas Colorado di Boulder, jadi itu lompatan pertama saya keluar kota. Ketika aku sampai ke Boulder ada werent bahkan trotoar di mana asrama saya. Akhirnya aku menikah dengan seorang wanita yang dari Helena, MT, so thats bagaimana saya harus Helena. Benar-benar indah di sana, namun tidak ada banyak hal untuk doespecially untuk seseorang yang senang pergi ke film asing, film independen. . . . jadi kami membuka masyarakat perfilman untuk mengisi keinginan itu dan berubah menjadi sebuah pusat komunitas budaya. Dan itu menjadi Id hal paling menarik yang pernah bekerja pada, rasanya seperti bayi saya. Kapan pertama kali menyajikan jazz di Helena? Pada tahun 1976, kami benar-benar mulai menampilkan film, ini adalah bahkan sebelum video. Bahkan di tempat seperti Helena, MT ada orang-orang lokal yang memiliki haus akan jazz dan ada seniman jazz di sana, sehingga saya menjadi salah satu juara mereka. Saya mulai menghadirkan seniman jazz lokal, beberapa dari mereka adalah teman saya. Lalu kami akhirnya membentuk serangkaian seni pertunjukan dari masyarakat ini film; tiga tahun ke dalamnya kita akhirnya memiliki serangkaian pertunjukan besar seni. Karena kami mulai menyajikan hal yang sangat petualang kami selalu maverick di kota. Pertama, mereka khawatir bahwa kami menyajikan film porno Dengan serangkaian seni pertunjukan Aku mulai dengan empat kejadian dan salah satunya selalu jazz. Saya selalu presenter multi-disiplin dan saya selalu disajikan hal-hal yang tidak norma. Saya mencoba untuk memberikan kontribusi dan memperluas kepentingan budaya communitys. Di Helena, MT pada waktu itu satu-satunya hal yang layak secara komersial adalah festival jazz Dixieland yang terjadi setiap tahun. Itu sangat sukses tapi sangat jinak. Fokus saya adalah untuk membawa barang yang tidak norma. Kami mengembangkan penonton petualang antara film dan jazz, dan kami mulai menyajikan tari moderen acara dancethe modern pertama di Helena, MT, mungkin yang pertama yang disebut acara jazz progresif. Aku mulai menghadirkan orang-orang seperti Sonny Rollins, tapi saya juga disajikan benar-benar hal yang tidak biasa untuk daerah itu, seperti Ensemble Seni Chicago, Saxophone Quartet Dunia sebelum saya meninggalkan Montana menikah disajikan Kuartet Saxophone Dunia empat kali. Apa yang mendorong Anda bergerak ke Burlington, VT? Saya diminta datang ke sini. Orang benar-benar ingin aku mengambil pekerjaan ini sehingga orang mulai memanggil saya dari New England, orang yang saya pernah bekerja sama dengan dari jaringan jazz beragam. . . . Saya mengambil alih pada 97 untuk Bither Philip sangat berbakat ketika ia pergi ke Walker Art Center. Saya sangat cocok dengan cara karena [Philip dan saya] milik jaringan yang sama. Dari pekerjaan saya di Montana kami untuk menjadi bagian dari NJN dan juga Kinerja Jaringan Nasional, dan Flynn juga bagian dari jaringan tersebut. Para Flynn memiliki jenis yang sama pemrograman profil saya telah mengembangkan di Montana. Kembali ke Montana sejenak, bicara tentang proyek yang luar biasa Anda lakukan dengan Don Pullen. Saya mengenal Don Pullen benar-benar membabi buta ketika saya pergi ke bagian belakang New Music Festival Miami pada 1988. Aku mendengar dia tampil untuk pertama kalinya dan saya ingat dia punya lonceng pada pergelangan kakinya dan benar-benar menyukainya. Aku berhubungan dengan dia dan pada awalnya ia berpikir siapa sih orang ini? Tapi ia permainan dan ia datang ke Montana dan kami melakukan residensi sedikit di gereja karena kami dalam proses merenovasi penjara menjadi pusat seni pertunjukan. Jadi sekarang whats disebut Helena Presents, atau Myrna Loy Pusat, berkantor pusat di penjara lama yang kita direnovasi menjadi pusat seni pertunjukan yang membuka sekitar 91. Ini [Pullen residensi] sebelum penjara tetapi Im senang untuk mengatakan bahwa Don Pullen harus tampil di penjara [tertawa]; proyek itu selesai sebelum ia meninggal dunia. Saya memberinya beberapa kali, termasuk Afrika-Brasil Koneksi dua kali, saya mempresentasikan dirinya sebagai pemain solo. . . . ini adalah setelah Kuartet Pullen-George Don Adams. Saya juga disajikan Perusahaan Garth Tari Fagan dan pada masa itu Anda mampu mengajukan dolar besar untuk mengembangkan karya-karya baru dan program residensi 3-tahun. Di Montana Saya juga punya banyak pengalaman dengan kelompok drum asli Amerika, dan berbagai ritual dan upacara, jadi saya mendapatkan ide untuk melakukan proyek jazz-penduduk asli Amerika. Dan saya juga berpikir itu bisa menjadi proyek tari-jazz. Garth Fagan menjadi sangat gembira dengan hal itu dan Don Pullen senang untuk berpartisipasi. Kami menulis hibah, itu adalah usaha besar dan kedua kalinya kami mendapat hibah tiga tahun. Itu adalah proyek yang sangat ambisius yang mencakup satu ton kegiatan residensi, baik pada Salish-Kootenai reservasi utara dari Missoula, MT dan di Helena. Akhirnya Don melakukan sejumlah residensi tetapi ia jatuh sakit dan ada saat-saat yang luar biasa ia akan tiba di bandara Helena hanya datang dari kemoterapi. Itu adalah pengalaman yang menakjubkan bagi saya, tapi itu benar-benar merasa seperti proyek ini membuatnya tetap hidup. Don juga membuat sayang berteman dengan penduduk asli Amerika. Wed pergi ke berbagai kelompok musik asli sehingga ia bisa belajar tentang musik mereka. Di mana pekerjaan ini dilakukan? Ini dilakukan dalam cukup beberapa tempat: di Helena, MT, di reservasi Indian di gimnasium di mana garis orang mil panjang menunggu untuk masuk ke teater. Ini dilakukan di Washington, DC di bawah naungan apa yang kemudian Kurator Kabupaten. Ini dilakukan di Seattle, WA, di Missoula, MT, dan itu dilakukan di New York City di Lincoln Center Out of Doors. Dan [Common Ground Suci] direkam oleh Blue Note Records dan Ima co-produser dengan Michael Cuscuna. Id tidak pernah [diproduksi rekor] sebelum jadi aku sedikit rasa apa itu semua tentang. Don tidak merekam album tapi dia meninggal sebelum dia bisa melakukan itu dengan proyek lengkap. Jadi kita punya DD Jackson, yang adalah seorang protg dari Don Pullen, salah seorang siswa, ia mampu melakukan pekerjaan di semua tempat, tapi Don rekaman dan itu berkat. Apa proyek-proyek lain melibatkan musisi jazz dan komposer yang paling Anda banggakan? Saya mempresentasikan utama dunia Steve Vesper Lacys di sebuah katedral di Helena, MT pada tahun 1991 yang sangat menarik. Kami juga memiliki residensi 3-tahun dengan Lester Bowie 97-99 di Burlington. Itu luar biasa karena kami pergi ke semua kota-kota pedesaan dan Lester tidak melakukan hal-hal seperti di supermarket, ia melakukan residensi di BF Goodrich tanaman karet. . . . Saya juga ingat mantan istrinya Fontella Bass adalah bagian dari itu dan juga penari-koreografer Diane McIntyre. Apa yang menyenangkan tentang itu adalah bahwa Diane McIntyre juga menari dengan Don Pullen. Dia datang ke Burlington sebagai bagian dari Lester Bowie residensi. Apakah aman untuk mengatakan bahwa karena Anda harus Burlington penyajian jazz Anda telah meningkat? Para [Discover Jazz Festival] sangat besar bagi kami di sini dan yang diperluas sejak saya tiba di sini dua akhir pekan. Bagaimana sejauh musim keseluruhan tahunan Anda di Teater Flynn Kami memiliki dua bioskop di sini bahwa kami menyajikan jazz di, salah adalah 1450 kursi, yang menentukan jenis tertentu kinerja, dan karena Ive telah sini weve juga mengembangkan teater kotak hitam tahun 2000, yang kita sebut Cabaret Jazz Flynn ruang. Dalam semua genre itu telah memungkinkan kita untuk melakukan hal yang lebih eksperimental karena tidak memerlukan biaya banyak untuk menjalankan Ketika kita melakukan sesuatu dalam tahap Flynn utama kita harus mengisi diri kita sewa $ 3.000 untuk membantu membayar untuk ruang, ada serikat teknologi kru yang $ 3,000-5,000 per acara, anggaran iklan yang lebih besar $ 5.000. . . . Tapi di Flynn [kotak hitam] ruang, yang hanya 180 kursi, kita bisa melakukan [pemasaran] lebih melalui email, sewa hanya $ 400 dan kita dapat melakukan percobaan lebih banyak dan memiliki rumah yang lebih kecil, sehingga itsa berkah. Kami melakukannya tidak hanya dengan jazz tetapi juga dengan beberapa musik baru, teater, dan bahkan dengan beberapa tarian. Untuk jazz its ruang benar-benar hebat. Apa jazz kau hadir musim lalu? Kami mempresentasikan Chick Corea-John McLaughlin Lima Band Perdamaian di panggung besar, kami mempresentasikan Maria Schneider Orchestraand Im sangat bangga untuk mengatakan bahwa kita ditugaskan bekerja dengan thats Maria di terbaru CD-nya Blue Sky, jadi kami memiliki kredit pada itu. . . . Kami disajikan Omar Sosa dan nya Kuartet Afreecanos [di kotak hitam]. Kami mencoba untuk menyajikan Cecil Taylor tetapi tidak berhasil. Weve telah menghadirkan aliran kontinu jazz Belanda. Musim ini yang menyajikan David Binney Quartet, Dafnis Prieto, Vanguard Jazz Orchestra, Dee Dee Bridgewater, Hiromi, duet antara Joshua Redman & Brad Mehldau, yang menyajikan Trio jazz Belanda Kaufmann / Gratowsky / deJood, para Imani Angin dengan Stefon Harris, dan 4-6 hal yang kita havent belum dijadwalkan dalam ruang lebih kecil. Hiromi, David Binney, dan Dafnis Prieto berada di ruang kecil. Apa jenis dukungan masyarakat penonton untuk presentasi Anda jazz saja kau mampu mengumpulkan? Weve pasti mengembangkan beberapa Universitas Vermont penonton; weve bekerja sangat erat dengan University of Vermont jazz departemen, yang merupakan departemen yang masih muda dan Im yakin direktur di sana akan setuju bahwa kami telah membantunya tumbuh, dan sejak itu theyve menambahkan [terompet] Ray Vega untuk departemen mereka. Kami melakukan sejumlah proyek dengan departemen jazz UVM. Setiap tahun kita memiliki acara di mana kita mendatangkan artis jazz yang bekerja dengan band jazz di sana dan paruh kedua program mereka adalah [artis mengunjungi] dengan [band sendiri] mereka. Artis kami mengunjungi akan datang selama dua hari untuk berlatih materi mereka dengan band UVM. Apakah hubungan dengan Universitas dibantu dengan proses pengembangan audiens Anda? Ya, karena dengan begitu kita mendapatkan beberapa siswa yang lebih muda untuk datang, anggota fakultas, dan kami mendapatkan beberapa dukungan dari departemen. Its juga merupakan ikatan nyata. Bagaimana dengan rakyat umum dari Burlington? Tidak mudah untuk mengisi auditorium its jauh lebih mudah untuk mengisi Flynn Space, auditorium kecil. Apakah tidak berbeda. . . . nama-nama besar menjual. . . . Kami terjual habis Band Perdamaian Lima, yang 1.450 kursi, yang merupakan jumlah, besar besar di sebuah kota dari 45.000 orang! Jadi penjualan Anda masih sangat banyak didorong oleh daya tarik (artis). . . . Apakah Anda memiliki sebagian besar audiens yang datang murni karena reputasi Anda untuk pemrograman yang sangat baik yang mungkin bersedia untuk mengambil kesempatan pada orang theyve pernah mendengar? Kita pasti memiliki hal itu terjadi, tapi tidak sejumlah besar. Pertama-tama Anda memiliki fanatik jazz. . . . DJ dan sejumlah kecil fansaround 50 orang. Kemudian Anda memiliki orang-orang yang benar-benar mencintai apa yang kita lakukan dan bisa dihidupkan dan bersedia untuk mengambil risiko. . . . Aku nggak tahu apa nomor tersebut tapi mungkin thats seratus orang. Maka Anda memiliki koneksi pendidikan yang memperbesar penonton. Komunitas kami adalah jazz-basah sampai batas tertentu. Aku nggak tahu bagaimana membandingkan ke tempat lain, tetapi misalnya sebagai bagian dari festival jazz kita menampilkan 45 SMA dan jr. tinggi jazz band sekolah setiap tahun. Jadi mereka tahu bahwa theyre bersiap-siap untuk melakukan konser terakhir mereka yang besar dalam konteks ini festival jazz. Dan band-band sekolah semua dari wilayah umum di sekitar Burlington? Tidak, theyre dari negara bagian Vermont. Kami masih mensponsori hari IAJE [dengan unit yang masih aktif negara Vermont dari IAJE mantan]. Kami memberikan kontribusi yang signifikan dengan memberi mereka teater dan semua ruang berbagai kami, jadi ada adjudikasi dan semua berbagai band sekolah tinggi bermain. Kami memiliki komponen pendidikan di sini, kami memiliki program jazz combo untuk anak-anak yang upwe tanda memiliki dua bagian, anak-anak muda dan kidsthat sekolah tinggi terjadi sepanjang tahun dan kami juga memiliki semacam Latin berpusat kamp jazz setiap musim panas . Apa asal-usul Jazz Festival Discover Its 27 tahun tua. Saya tidak di sini, tetapi asal-usul adalah ide masyarakat yang pada awalnya disusun oleh kota dan Flynn menjadi pasangan. Akhirnya Flynn menjadi produsen tunggal, berkaitan dengan kota. Bagaimana festival tumbuh selama bertahun-tahun? Its menjadi jauh lebih besar. Its sekarang lebih dari dua pekan. Tahun ini adalah 05-14 Juni. Kegiatan yang paling terjadi pada akhir pekan. Selama seminggu kita memiliki apa yang kita sebut Space Adventures Flynn dalam seri Musik, dan beberapa hal lainnya. Tahun ini kami harus [pianis] Luis Perdomo pada Senin malam, Grace Kelly, Selasa, kami memiliki kelompok Belanda pada Rabu, Trio Braam / deJood / Vatcher, Kamis kami harus seorang wanita dari Burlington yang telah pindah ke Chicago bernama Jennifer Hartswick whosa terompet dan vokalis. Kami memiliki Discover Band Jazz Big yang terdiri dari pemain dari sekitar sini yang cukup baik dan weve memiliki semua proyek-proyek ini termasuk satu dengan vibist Cecilia Smith, penghormatan kepada Mary Lou Williams. Itu luar biasa, kami memiliki paduan suara lokal yang terlibat, Jazz Discover Big Band, kami kedatangan tamu khusus, dan penyanyi indah yang membawa Cecilia. Jadi ada tamu khusus, masyarakat setempat, dan dorongan pendidikan seluruh pembelajaran tentang seseorang bahwa kebanyakan orang nggak tahu banyak aboutMary Lou Williamsand menghormati seorang wanita dengan seorang wanita melakukan. . . . Orang-orang begitu tersentuh oleh itit tidak mudah untuk mendapatkan penonton, kami memiliki sekitar 800 peopleand band besar senang bekerja pada proyek. Ketika kami di sana untuk festival ketika kita memiliki Lila Wallace pertama-Pembaca Intisari Nasional Jazz pertemuan Jaringan di 91, kembali ketika Anda adalah bagian dari jaringan dengan Presents Helena, Festival Jazz Discover memiliki banyak kegiatan di off-situs spasi. Kami masih memiliki berbagai ruang, tapi Ruang Flynn telah menjadi begitu menarik dan lebih mudah digunakan, [sehingga] kita menggunakannya lebih sering. Tapi kita harus tentsa Dunia Musik Tenda, Tenda sebuah Gospel Music, weve memiliki Tenda Blues turun pantai. . . . Kami kadang-kadang masih menggunakan ruang di Balai Kota yang sekitar 300 kursi, tapi tidak sering. Selama festival jazz kita bekerja dengan banyak klub dan mereka melakukan [gratis] program; beberapa klub benar-benar mendukung festival dalam bentuk uang dan beberapa seniman muda mungkin disajikan di sana. Apakah Anda melihat hubungan antara penonton Jazz Festival Discover dan penonton untuk sepanjang tahun Anda presentasi jazz? Tentu yang kita bicarakan beforethe 50 fanatik. Dan mereka tidak hanya datang untuk kedua tetapi theyre peserta aktif melalui dialog, melalui saran, melalui bermain hal baru di radio. . . . Kemudian yang lain theres seratus sesuatu. . . . Its benar bahwa karena festival jazz juga merupakan partai, dan hal musim panas, dan banyak itu bebas, ia menarik khalayak yang lebih luas. Kami mendapatkan orang dari seluruh New England, negara bagian New York, Quebec, dll Apa yang telah beberapa usaha Anda yang paling sukses di khalayak berkembang untuk jazz di Burlington, tempat lebih dikenal dengan Danau Champlain atau Ben & Jerrys? Bagaimana Anda mengembangkan penonton? Bagian dari itu harus dilakukan dengan pemrograman. . . . Kami mencintai kegiatan pendidikan dan kita melakukan hal-sebagai bagian dari wacana. Apakah mereka benar-benar mengembangkan penonton benar-benar sulit untuk mengatakan, tetapi bagi saya bagian dalam pendidikan, bagian dari aktivitas intelektual. . . dan kami melakukan banyak dari mereka. Bahkan Q & Sebagai adalah petualangan yang begitu indah, terutama di Ruang Flynn. Kami telah memenuhi-artis-sesi dan theyre sangat dihadiri. Kami juga memiliki program mahasiswa pertunjukan siang besar, kita memiliki 45.000 anak-anak datang ke pertunjukan. Misalnya tahun ini para siswa yang datang untuk melihat Jazz Vanguard Orchestra dan Dafnis Prieto. Kami berdedikasi untuk memiliki setidaknya satu pertunjukan siang mahasiswa menjadi program jazz. Anak-anak datang dari radius 50 mil, kebanyakan dari Vermont. Kami mencoba untuk menarik semua berhenti!